Beranda | Artikel
Bab Mencari Air Wudhu Apabila Telah Masuk Waktu Shalat - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)
Rabu, 27 September 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Bab Mencari Air Wudhu Apabila Telah Masuk Waktu Shalat – Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.) adalah ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Pada kajian kali ini Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. membawakan pembahasan Bab ke-32 yang terdapat pada halaman 54 dari Kitab Shahih Bukhari. Untuk download Kitab Shahih Bukhari, silahkan klik download.

Download juga kajian sebelumnya: “Bab Bilangan Dalam Berwudhu – Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Badrusalam, Lc.)

Ringkasan Bab Mencari Air Wudhu Apabila Telah Masuk Waktu Shalat – Kitab Shahih Bukhari

Bab 32 – Mencari Air Wudhu Apabila Telah Masuk Waktu Shalat

Aisyah berkata, “Waktu Subuh telah tiba, air wudhu telah dicari namun tidak ditemukan, maka turunlah ayat tentang tayammum.

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ يُوسُفَ، قَالَ: أَخْبَرَنَا مَالِكٌ، عَنْ إِسْحَاقَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّهُ قَالَ: رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَحَانَتْ صَلاَةُ العَصْرِ، فَالْتَمَسَ النَّاسُ الوَضُوءَ فَلَمْ يَجِدُوهُ، فَأُتِيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِوَضُوءٍ، فَوَضَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي ذَلِكَ الإِنَاءِ يَدَهُ، وَأَمَرَ النَّاسَ أَنْ يَتَوَضَّئُوا مِنْهُ قَالَ: «فَرَأَيْتُ المَاءَ يَنْبُعُ مِنْ تَحْتِ أَصَابِعِهِ حَتَّى تَوَضَّئُوا مِنْ عِنْدِ آخِرِهِمْ»

Abdullah bin Yusuf menyampaikan kepada kami dari Malik, dari Ishaq bin Abdullah bin Abu Thalhah yang mengabarkan kepada kami bahwa Anas bin Malik berkata, “Ketika waktu shalat Asar tiba, orang-orang mencari air wudhu namun tidak mendapatkannya. Lalu aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam diberi air wudhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian meletakkan tangannya di atas bejana tersebut seraya memerintahkan orang-orang untuk berwudhu darinya.“ Anas berkata, “Aku melihat air keluar dari jari-jari beliau hingga semua orang sampai yang terakhir dapat berwudhu.

Faidah dari hadits di atas:

  1. Jika tidak menemukan air, sebaiknya kita berusaha untuk mencari terlebih dahulu. Jika telah mencari namun tidak menemukan air atau air ada namun kita tidak mampu menggunakannya maka pada waktu itu kita bertayammum.
  2. Mukjizat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mampu mengeluarkan air dari jari-jari beliau.

Bab 33 – Air Yang Digunakan Untuk Mencuci Rambut Manusia  Menit [08:00]

Apakah air yang telah digunakan untuk mencuci rambut manusia itu boleh kita gunakan untuk bersuci lagi atau tidak?

Download MP3 Ceramah Agama tentang Bab Mencari Air Wudhu Apabila Telah Masuk Waktu Shalat – Kitab Shahih Bukhari


Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama tentang Bab Mencari Air Wudhu Apabila Telah Masuk Waktu Shalat – Kitab Shahih Bukhari ini melalui jejaring sosial Facebook, TwitterGoogle+ dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah subhanahu wa ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/29595-bab-mencari-air-wudhu-apabila-telah-masuk-waktu-shalat-kitab-shahih-bukhari-ustadz-badrusalam-lc/